Begini Cara Menyusun Business Plan dengan Baik

Begini Cara Menyusun Business Plan dengan Baik

SEKARANG ini banyak orang yang memutuskan untuk membuka usaha atau bisnis sendiri daripada bekerja dengan orang lain. Untuk menjadi seorang pebisnis sukses, tentu membutuhkan rencana bisnis atau business plan yang baik agar usaha dapat berjalan lancar kedepannya. Business plan merupakan rencana yang tertulis mengenai latar belakang bisnis, tujuan bisnis dan bagaimana bisnis yang Anda jalankan akan mencapai tujuan. Tidak hanya menjabarkan mengenai visi dan misi perusahaan, business plan juga berguna untuk mencari investor dengan mudah untuk permodalan usaha Anda jika dibuat secara menarik, realistis dan terlihat menguntungkan. Maka dari itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara menyusun business plan yang baik supaya bisnis dapat terus berkembang dan mencapai kesuksesan. Berikut adalah beberapa cara menyusun rencana bisnis atau business plan untuk usaha Anda yang bisa dicoba.

Inilah Langkah atau Cara Menyusun Business Plan yang Baik

  1. Kenali Dahulu Bisnis Anda

Hal pertama yang harus Anda ketahui dan lakukan dalam membuat atau menyusun business plan adalah mengenali bisnis Anda. Pelajari serta pahami dengan menyeluruh, mendalam dan cermat tentang potensi, bentuk, serta semua tantangan yang ada pada sebuah bisnis. Anda bisa menggunakan teknik analisis SWOT untuk hal ini. Analisis SWOT merupakan langkah awal yang penting untuk membangun bisnis yang sesuai keinginan serta mampu memberikan keuntungan secara optimal. Mengenali bisnis yang dijalani membantu Anda mengetahui bagaimana langkah ke depan untuk bisnis serta memahami berbagai risiko yang mungkin saja bisa terjadi.

  1. Lakukan Riset

Cara menyusun business plan yang kedua adalah melakukan riset. Lakukanlah riset yang detail serta sesuaikan dengan selera pasar pada saat sekarang. Lakukan analisis pada produk yang Anda buat, lalu lakukan riset juga pada hal-hal apa yang dilakukan kompetitor yang sejenis pada produk yang sama.

  1. Tentukan Arah Bisnis

Semua pebisnis harus memiliki pandangan terarah mengenai tujuan dan sasaran bisnis. Adanya arah yang jelas mengenai bisnis akan membuat Anda tidak kesulitan dalam merancang alur business plan. Buatlah tujuan serta sasaran dari bisnis yang terarah dan jelas supaya dapat dicapai dengan mudah.

  1. Tentukan Target dari Business Plan

Menentukan target dari bisnis plan yang tepat akan membantu Anda menyesuaikan konten bisnis yang benar. Adanya target bisnis akan membuat Anda semakin terdorong dan terpacu dalam mencapai hal-hal yang sudah ditetapkan sejak awal.

  1. Membuat Company Profile

Dalam sebuah business plan, membuat company profile adalah hal yang wajib dilakukan. Company profile akan menjadi halaman utama dalam rencana bisnis Anda tersebut. Buatlah company profile secara jelas dan detail karena dengan itu saat menyampaikan presentasi, calon investor dapat langsung melihat keseluruhan dari bisnis Anda.

  1. Catat Semua Transaksi Keuangan

Cantumkan semua arus atau transaksi keuangan bisnis Anda dalam rencana bisnis. Hal itu karena nantinya business plan akan menjadi sarana mendapatkan dana dari para investor. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa melakukan pembukuan sederhana untuk mencatat transaksi-transaksi yang ada atau jika lebih komplek dan banyak Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk memudahkan pekerjaan Anda.

  1. Miliki Strategi Marketing

Strategi marketing penting untuk dimiliki sebuah usaha atau bisnis. Dengan adanya strategi marketing, Anda bisa mengetahui dengan mudah kapan waktunya untuk melakukan promosi produk serta kapan waktu pemasaran yang tepat. Strategi marketing yang matang akan memudahkan untuk mencapai tujuan dari rencana bisnis yang dibuat dengan mudah.

  1. Tulis Business Plan Anda

Terakhir, tulislah rencana bisnis. Anda bisa mencantumkan beberapa hal ini di dalamnya, seperti misi, ringkasan bisnis efektif, penawaran produk / jasa, target pasar, rencana marketing, laporan keuangan, analisis industri dan tingkat persaingan, resume perusahaan, dan lampiran.

Demikian pembahasan mengenai cara menyusun business plan yang baik. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang merintis bisnis dari sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *