Cara Menentukan Ide Bisnis Yang Kreatif Untuk Pemula

Cara Menentukan Ide Bisnis Yang Kreatif Untuk Pemula

MENENTUKAN ide bisnis yang kreatif pada dasarnya tidaklah sulit untuk dilakukan. Namun banyak pengusaha pemula yang ternyata masih kesulitan dalam mendapatkan sebuah ide bisnis. Jika sudah seperti ini, apa yang harus dilakukan? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Lakukan riset bisnis

Metode ini merupakan metode terukur, karena ide bisnis yang dicari bisa didapat dari riset serta presentase yang dilakukan agar dapat memastikan jenis bisnis serta produk yang banyak bisa diterima oleh pasar. Tentunya riset bisnis ini dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan teknologi digital, lho! Misalnya saja dengan mencari keyword melalui Google Trends agar dapat mengetahui seperti apa tren bisnis di suatu lokasi dari presentase hingga angka pencarian informasi tertinggi.

Dapatkan ide dari masalah yang dihadapi oleh tiap orang

Pastinya setiap orang memiliki masalah dan pastinya setiap masalah akan membutuhkan solusi. Rupanya masalah-masalah yang awalnya bersifat personal sudah banyak menginspirasi, bahkan dikembangkan agar bisa dijadikan sebagai ide bisnis yang kreatif untuk banyak pebisnis sukses. Nah, contoh nyata yang paling sederhana adalah bisnis laundry. Saat ini ada banyak mahasiswa yang ternyata tidak sempat mengurus cucian. Selain itu, untuk ibu-ibu pekerja terkadang juga kesulitan dalam mencari asisten rumah tangga. Sehingga hal ini membuat munculnya jasa laundry sebagai solusi terbaik dalam mengatasi masalah tersebut.

Jangan lupa untuk belajar dari kesuksesan dan keberhasilan bisnis orang

Bisnis yang sukses dan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama tentunya memiliki kelebihan yang harus dipelajari. Pastinya dari sana anda dapat menyaring serta mengaplikasikannya sebagai gagasan pada ide bisnis yang kreatif yang akan dirintis. Namun menduplikasikan sebuah bisnis yang kreatif dan sukses tidak harus persis sama, kok! Namun yang paling penting adalah jangan lupa mengamati, meniru, hingga memodifikasi bisnis tersebut supaya bisnis yang anda jalankan bisa sedikit berbeda, memiliki nilai lebih, dan memiliki ciri khas dari bisnis yang sebelumnya sudah ada.

Sangatlah penting untuk belajar dari kekurangan pesaing

Ternyata menemukan ide bisnis bisa anda temukan dengan mudah dari kelemahan kompetitor. Nah, anda tentunya dapat menjelajahi media sosial hingga website bisnis yang menawarkan layanan atau produk serupa dengan bisnis yang akan anda jalankan. Lihatlah bagaimana orang-orang memberikan ulasan pada kolom komentar di website tersebut. Jangan lupa catatlah berbagai keluhan yang ada, ya! Tentunya hal-hal yang tidak dapat dipenuhi pesaing anda bisa menjadi ide terbaik dalam melahirkan sebuah bisnis baru.

Penting sekali untuk mengikuti perkembangan tren

Apa itu tren? Ya, tren merupakan sesuatu yang banyak diminati atau disukai oleh sekelompok orang di satu waktu. Maka dari itu, ide bisnis yang akan mengikuti tren bisa berpeluang untuk disukai oleh banyak orang, bahkan bisa menjaring banyak konsumen dalam waktu cepat. Gak percaya, yuk buktikan sekarang juga! Yang pasti, tidak ada yang salah ketika anda mengikuti tren, selama anda bisa membuat bisnis tersebut berbeda dengan yang dimiliki oleh pesaing anda. Namun karena sebuah tren biasanya akan cepat berlalu, maka pastikan bahwa anda juga memiliki solusinya ketika tren bisnis tersebut sudah mulai memudar atau tidak diminati oleh banyak orang.

Dari berbagai cara dalam menentukan ide bisnis yang kreatif di atas, tentunya anda bisa mengetahui jika ide dalam membangun bisnis bisa diperoleh dari mana saja, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *