Mau Coba Berbisnis? Inilah Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Bisnis Kecil

Mau Coba Berbisnis? Inilah Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Bisnis Kecil

MODAL usaha merupakan hal penting yang harus dimiliki ketika Anda ingin membuka usaha. Hal itu karena modal usaha digunakan untuk membeli peralatan usaha yang lengkap agar bisnis dapat berjalan dengan lancar. Lalu bagaimana cara mendapatkan modal usaha jika ingin membuka sebuah usaha kecil?

Meskipun modal usaha memang salah satu hal utama namun bukan di urutan pertama dalam mencoba menjalankan sebuah bisnis. Tapi, saat Anda mempunyai keinginan untuk mengembangkan usaha menjadi lebih besar, secara otomatis modal usaha menjadi hal yang sangat penting. Hal ini berlaku pada semua bisnis, baik bisnis yang sudah besar maupun bisnis kecil. Sangat menguntungkan bahwa saat ini banyak cara untuk mendapatkan modal usaha yang bisa Anda lakukan. Ingin tahu apa saja cara tersebut? Berikut ini adalah ulasannya.

Beberapa Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Bisnis

  1. Gunakan Tabungan

Cara yang pertama yang bisa Anda lakukan agar mendapatkan modal usaha untuk bisnis adalah dengan menggunakan tabungan pribadi yang dimiliki. Namun, tentunya jika Anda menggunakan tabungan pribadi untuk modal usaha, Anda harus menentukan target bisnis yang jelas terlebih dahulu. Buat juga konsep yang matang mengenai bisnis Anda. Hal itu dilakukan supaya Anda tahu kapan tabungan Anda akan terkumpul kembali dan bisa digunakan kembali ke tujuan pertamanya. Gunakan tabungan yang bukan merupakan tabungan utama, contohnya seperti jika Anda memiliki tabungan untuk liburan, Anda bisa gunakan simpanan tersebut dahulu untuk modal usaha.

  1. Jual Aset dan Barang yang Dimiliki

Cara mendapatkan modal usaha yang kedua adalah dengan menjual aset atau barang yang dimiliki. Jika Anda memiliki beberapa aset berharga yang lebih dari satu, misalnya seperti kendaraan motor atau mobil, property ataupun perhiasan, Anda bisa jual aset tersebut untuk dijadikan sebagai modal usaha. Sebenarnya cara ini sama saja dengan cara tabungan di atas, Anda tidak boleh secara sembarangan menjual aset yang dimiliki sebelum mempunyai target yang jelas mengenai bisnis yang akan dijalankan. Perhitungkan pula untung dan rugi dari jual aset tersebut. Jangan sampai karena menjual aset untuk modal malah membuat Anda repot atau mendapatkan masalah nantinya.

  1. Gadaikan Aset dan Barang yang Dimiliki

Jika Anda tidak mau melepaskan atau menjual aset- aset anda untuk modal usaha, Anda bisa menggadaikannya saja. Cara ini dinilai cukup efektif meski Anda tidak mendapatkan modal sebesar ketika menjual aset, namun paling tidak aset Anda tetap utuh asalkan mampu membayarnya kembali. Perhatikan dengan baik dan cermat mengenai perputaran uang ketika menjalani bisnis sehingga Anda nantinya mampu menebus kembali aset yang digadaikan sebelum jatuh tempo. Jangan sampai Anda kehilangan aset berharga karena terlambat menebusnya.

  1. Mengajukan Pinjaman

Salah satu cara mendapatkan modal bisnis yang cukup sering digunakan adalah mengajukan pinjaman. Saat ini ada banyak pilihan pinjaman untuk memenuhi keperluan usaha. Namun sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman yang mana, Anda harus memikirkan secara matang mengenai keuntungan dan kerugian yang akan didapatkan nantinya. Untuk lebih amannya, lakukanlah pengajuan pinjaman pada pinjaman yang sudah resmi atau terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

  1. Mengajukan Pinjaman ke Orang Terdekat

Jika Anda tidak mau ribet mengajukan pinjaman ke tempat lain seperti bank, Anda bisa mengajukan pinjaman ke orang terdekat untuk mendapatkan modal usaha. Anda bisa mencoba meminjam modal dari saudara, teman, maupun orang tua, namun jangan lupa untuk mengembalikannya. Pengajuan pinjaman dengan cara ini memiliki risiko yang lebih kecil daripada melakukan pinjaman lain.

Itulah beberapa cara mendapatkan modal usaha yang bisa Anda lakukan. Namun sebelum menentukan cara mana yang akan Anda pilih, sebaiknya Anda menentukan secara matang bisnis apa yang akan Anda jalani sehingga nantinya mampu untuk mengembalikan modal seperti di awal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *