5 Ide Bisnis Dengan Modal Minimal

5 Ide Bisnis Dengan Modal Minimal

DULU, jika ingin berbisnis maka harus mempunyai modal yang cukup besar. Sehingga, jarang orang yang berani mengambil resiko untuk merintis usaha. Meskipun usaha tersebut tergolong kecil, seperti toko alat tulis kantor. Anda harus menyiapkan modal untuk menyewa atau membangun toko, membuat etalase dan stok barang. Apalagi, usaha yang lebih besar, Anda harus memiliki modal yang besar pula. Ketakutan akan kegagalan dalam berbisnis menjadi alasan bagi banyak orang untuk tidak berani merintis usaha kala itu.

Namun, saat ini jaman sudah berubah. Internet telah mengubah semuanya. Hal yang dulu sulit untuk diwujudkan, sekarang tidak lagi, termasuk berbisnis. Sekarang untuk memulai bisnis menjadi sangat mudah karena adanya internet. Berbisnis online tidak memerlukan banyak biaya. Bahkan, Anda bisa memulainya dengan modal minimal. Namun, keuntungan yang didapat dari bisnis online tersebut sangat besar jika dilakukan dengan perencanaan yang baik, ketekunan dan usaha tak kenal menyerah.

Banyak ide bisnis dengan modal minimal yang bisa Anda tekuni. SeriusBisnis.Com kali ini ingin membagikan beberapa ide bisnis dengan modal minimal tersebut. Berikut 5 ide bisnis modal minimal yang bisa Anda gunakan sebagai inspirasi dalam memulai bisnis.

1. Kuliner

Bisnis kuliner tidak akan pernah lekang oleh jaman, asal Anda kreatif dan inovatif. Mampu mengikuti selera pasar dan apa yang sedang tren saat itu. Dijamin Anda akan dapat keuntungan dari bisnis kuliner ini. Menjalankan bisnis kuliner secara online adalah pilihan tepat bagi Anda, karena tidak memutuhkan modal besar. Cukup menggunakan alat dapur yang sudah dimiliki sebelumnya, Anda sudah dapat berbisnis kuliner. Anda bisa bekerjasama dengan aplikasi GoFood atau GrabFood untuk melakukan penjualan. Jika kuliner tahan lama, Anda bisa berjualan di marketplace dan media sosial.

2. Makanan Ringan

Berbisnis makanan ringan juga merupakan peluang usaha modal minim. Anda bisa repacking atau mengemas ulang dalam satuan ukuran yang lebih kecil. Tentu saja bisa Anda beri label merek Anda sendiri. Ada banyak makanan ringan yang bisa Anda kemas ulang. Beberapa contoh makanan ringan yang bisa Anda kemas ulang adalah produk kacang, berbagai macam keripik, dan masih banyak produk lainnya. Anda bisa memberikan perasa seperti bawang, barbeque dan pedas berbagai level. Dari bisnis ini Anda bisa mendapatkan keuntungan yang sangat lumayan.

3. Aksesoris Perempuan

Jika Anda mempunyai skill membuat kerajinan tangan, Anda bisa mencoba memulai berbisnis aksesoris perempuan. Bahan berbagai akseroris bisa dari manik-manik, kain flanel maupun bahan daur ulang. Anda dapat membuat berbagai aksesoris perempuan mulai dari bandana, kalung, anting, gelang, bros, dan lain sebagainya. Keuntungan yang didapatkan pun sangat lumayan.

4. Jasa Penulis Konten

Apabila Anda mempunyai kemampuan dalam menulis, Anda bisa coba membuka jasa penulis konten. Bisnis ini hanya membutuhkan perangkat komputer atau laptop serta koneksi internet saja. Seiring dengan kemudahan dalam mengakses internet dewasa ini. Banyak pelaku usaha membutuhkan konten untuk mengisi website ataupun media sosialnya. Anda bisa membuat daftar harga sesuai dengan panjang pendeknya artikel.

5. Dropship

Dropship merupakan salah satu skema bisnis dimana Anda bekerjasama dengan produsen ataupun distributor dalam menjual produk mereka. Anda menjual produk mereka kepada konsumen. Kemudian produsen atau distributor mengirim produk tersebut atas nama Anda penjual. Tidak seperti skema reseller, dalam skema dropship Anda tidak perlu stok barang. Urusan stok dan pengiriman sepenuhnya menjadi tanggung jawab produsen atau distributor. Anda hanya membantu menjualkan produk mereka dan mendapatkan fee dari penjualan yang berhasil kepada konsumen.

Demikianlah 5 ide bisnis modal minimal yang bisa Anda coba kerjakan untuk memulai bisnis. Tentu dengan perencanaan yang baik, ketekunan dan usaha tak kenal menyerah. Bukan mustahil kesuksesan bisa Anda raih dan mencapai kemapanan dalam ekonomi. (ejw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *